DEMAM BERDARAH DENGUE DBD

DEMAM BERDARAH DENGUE DBD

Demam dengue (DD) adalah infeksi virus yang sering terjadi di daerah tropis dan subtropis seperti Indonesia. Demam dengue ringan menyebabkan demam tinggi mendadak, timbulnya bercak kemerahan dan nyeri otot serta sendi. Namun pada demam dengue berat atau biasa disebut dengan Demam Berdarah Dengue (DBD) dapat menyebabkan perdarahan berat, perembesan plasma, sampai terjadi syok yang beresiko kematian.

 

Terdapat 4 jenis virus dengue yang dapat menyebabkan demam dengue maupun demam berdarah dengue. Setelah pemulihan dari infeksi salah satu jenis virus dengue maka akan terbentuk sistem kekebalan tubuh terhadap virus tersebut seumur hidup, namun apabila terserang infeksi dengue kembali oleh jenis virus dengue lain, hal ini dapat meningkatkan resiko berkembangnya demam dengue yang berat.

CARA PENULARAN DBD

Penularan DBD terjadi melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti betina yang telah membawa virus Dengue dari penderita lainnya. Nyamuk ini biasanya aktif menyerang manusia pada pagi dan siang hari. Virus Dengue masuk ke tubuh nyamuk melalui darah yang diisap oleh nyamuk tersebut dari seorang penderita DBD. Di dalam tubuh nyamuk, virus Dengue akan masuk ke usus halus (intestinum) dan berkembang biak di sana. Setelah itu, virus akan berpindah tempat menuju kelenjar air liur dan siap ditularkan lagi. Fase ini disebut masa inkubasi yang memakan waktu 7-14 hari.

Dengue virus ditularkan / disebarkan sebagaian besar oleh nyamuk aedes, khususnya jenis nyamuk aedes aegypti. Nyamuk ini biasanya hidup di antara garis lintang 35° Utara dan 35° Selatan, di bawah ketinggian 1000 m. Nyamuk-nyamuk tersebut lebih sering menggigit pada siang hari, satu gigitan saja dapat menginfeksi manusia.

feper

 

Terkadang, nyamuk juga tertular dengue dari manusia. Jika nyamuk betina yang menggiggit orang yang terinfeksi, nyamuk tersebut dapat tertular virus. Mulanya virus hidup di sel yang menuju saluran pencernaan nyamuk. Sekira 8 hari hingga 10 hari berikutnya, virus menyebar ke kelenjar saliva nyamuk, yang memproduksi saliva (ludah). Ini berarti bahwa saliva yang diproduksi oleh nyamuk tersebut terinfeksi virus dengue. Oleh karena itu, ketika nyamuk menggigit manusia, saliva yang terinfeksi tersebut masuk ke dalam tubuh manusia dan menginfeksi orang sepanjang hidupnya. Nyamuk aedes aegypti adalah nyamuk yang paling banyak menyebarkan dengue. Ini karena nyamuk tersebut menyukai hidup berdekatan dengan manusia dan makan dari manusia alih-alih dari binatang. Nyamuk ini juga suka bertelur di wadah-wadah air yang dibuat oleh manusia. Dengue juga dapat disebarkan melalui produk darah yang telah terinfeksi dan melalui donasi organ.

Gejala dan Tanda DBD

  1. Demam tinggi yang mendadak, terus menerus, Berlangsung 2-7 hari. Panas dapat turun pada hari ke-3 yang kemudian naik lagi, dan pada hari ke-6 atau ke-7 panas kembali turun.
  2. Nyeri pada uuhati.
  3. Terdapat bercak bintik merah di kulit yang tidak hilang walau ditekan, ditarik, diregangkan dan lain sebagainya.
  4. Dapat keluar darah dari hidung (mimisan) atau gusi, melalui muntah ataupun buang air besar.
  5. Penderita pucat, gelisah ujung kaki dan ujung tangan dingin.
  6. Dapat disertai dengan nyeri otot, lemah, mual, muntah, diare maupun kejang.

PENGOBATAN

  • Beri minum sebanyak-banyaknya
  • Berikan kompres bila demam
  • Berikan obat penurun panas sesuai dengan dosis
  • Segera bawa ke pelayanan kesehatan
  • Laporkan segera ke Puskesmas terdekat untuk mendapat upaya penanggulangan agar tidak terjadi penyebaran.

 Cara Mencegah Terjadinya Demam Berdarah

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan demi terhindar dari penyakit demam berdarah. Dan hal utama yang terlebih dahulu kita lalukan adalah menjaga kebersihan lingkungan, agar tidak ada genangan air yang bisa dijadikan sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk, Menguras tempat air yang selalu kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, agat tidak ada telur ataupun jentik nyamuk, mengubur dan membuang sampah dengan benar agar tidak ada tempat untuk perkembangbiakan nyamuk. Langkah-langkah tersebut adalah beberapa kegiatan sederhana yang justru memiliki peran penting dalam mencegah dan menghindari penyakit demam berdarah.

LAKUKAN 4M PLUS SEMINGGU SEKALI

  1. MENGURAS

Menguras wadah air seperti bak mandi, tempayan, ember, vas bunga, tempat minum brung, penampung air kulkas agar telur dan jentik Aedes mati.

 

  1. MENUTUP

Menutup rapat semua wadah air agar nyamuk Aedes tidak dapat masuk dan bertelur.

 

  1. MENGUBUR

Mengubur atau memusnahkan semua barang bekas yang dapat menampung air hujan seperti ban bekas, kaleng bekas, pecahan botol agar tidak mnjadi sarang dan tempat bertelur nyamuk Aedes. 

  1. MEMANTAU

Semua wadah air yang dapart menjadi tempat nyamuk Aedes berkembangbiak.

 

Jika memang anda sudah terlanjur terjangkit oleh penyakit demam berdarah, segera lakukan pengobatan agar penyakit demam berdarah yang dikeluhkan tidak menjadi semakin parah. Karena jika tidak segera ditangani dengan tepat, dampak terburuk yang sangat mungkin terjadi adalah dapat mengakibatkan kematian pada penderitanya

Dipost Oleh Humas RS Ananda

Dandi Buana Satria S.S Creative Designer and Painting

Post Terkait

Tinggalkan Komentar