BERITA

Mengenal Jenis Hepatitis

Hepatitis adalah peradangan yang terjadi pada hati. Hepatitis yang tidak ditangani dengan cepat dan baik, akan berkembang menjadi sirosis dan kanker hati. Banyak hal yang bisa menyebabkan hepatitis, yaitu virus, perilaku seksual, dan mengonsumsi alkohol serta obat-obatan.

promo detail

HEPATITIS
Apa Anda pernah mendengar nama penyakit tersebut?
tahukah Anda, apa sebenarnya penyakit Hepatitis itu? 
Hepatitis adalah peradangan yang terjadi pada hati. Hepatitis yang tidak ditangani dengan cepat dan baik, akan berkembang menjadi sirosis dan kanker hati. Banyak hal yang bisa menyebabkan hepatitis, yaitu virus, perilaku seksual, dan mengonsumsi alkohol serta obat-obatan. 
Ada beberapa jenis hepatitis yang sebaiknya anda ketahui :

Hepatitis A (HAV)

paling sering ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. Kontak seksual juga dapat menjadi media penyebar HAV. Dalam banyak kasus ringan, penderita bisa pulih dan kemudian kebal terhadap HAV. Namun, infeksi HAV yang parah daapat mengancam kehidupan. 
Hepatitis B (HBV)
Virus Hepatitis B (VHB) biasanya menular melalui darah atau cairan tubuh seperti air liur, cairan vagina, atau air mani yang masuk dalam aliran darah orang sehat. Ini karena hepatitis B terdapat dalam darah dan cairan tubuh tersebut. Tranfusi darah, darah pada pisau cukur, perawatan gigi, gunting kuku, jarum suntik atau jarum yang digunakan untuk membuat tato dapat memindahkan sejumlah kecil darah yang terinfeksi virus hepatitis B. 
Hepatitis C (HCV)
sebagian besar virus hepatitis C (HCV) ditularkan melalui paparan darah. Hal ini bisa terjadi melalui transfusi darah dan produk darah yang terkontaminasi, jarum atau suntikan yang terkontaminasi.

Hepatitis D (HDV)
Hepatitis D disebabkan oleh virus hepatitis D (HDV). Hepatitis D merupakan penyakit yang jarang terjadi, namun bersifat serius. Virus hepatitis D tidak bisa berkembang biak di dalam tubuh manusia tanpa adanya hepatitis B. Hepatitis D ditularkan melalui darah dan cairan tubuh lainnya sehingga hepatitis D dapat berkembang dengan cepat

Hepatitis E (HEV)
sebagian besar ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. HEV merupakan penyebab umum dari wabah hepatitis di negara-negara berkembang.

Jadi dengan menerapkan kebersihan yang baik, termasuk sering mencuci tangan, adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari hepatitis. Jadi mulai sekarang ayo kita lebih menjaga lagi kebersihan diri.

up next images
SELANJUTNYA

Porsi Yang Tepat Untuk Nutrisi Dalam Tubuh

Agar dapat berfungsi optimal, tubuh memerlukan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan merupakan pemasok nutrisi bagi tubuh agar selalu sehat dan bgugar. Berdasarkan fungsinya, makanan dapat dikelompokkan menjadi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Terlalu banyak makan dengan nutrisi tidak tepat dapat membuat berat badan berlebihan dan menyebabkan berbagai penyakit. Berapa banyak porsi makanan yang disarankan?

Berikut keterangan berapa porsi yang tepat untuk tubuh beserta fungsi dan makanan-makanan yang disarankan :

LIHAT DETAIL