BERITA

Porsi Yang Tepat Untuk Nutrisi Dalam Tubuh

Agar dapat berfungsi optimal, tubuh memerlukan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan merupakan pemasok nutrisi bagi tubuh agar selalu sehat dan bgugar. Berdasarkan fungsinya, makanan dapat dikelompokkan menjadi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Terlalu banyak makan dengan nutrisi tidak tepat dapat membuat berat badan berlebihan dan menyebabkan berbagai penyakit. Berapa banyak porsi makanan yang disarankan?

Berikut keterangan berapa porsi yang tepat untuk tubuh beserta fungsi dan makanan-makanan yang disarankan :

promo detail

Protein

berfungsi sebagai komponen yang bermanfaat untuk pertumbuhan, penyembuhan luka, regenerasi sel, menghasilkan enzim dan hormon untuk metabolisme tubuh juga sebagai sumber energi. Kekurangan protein akan mengganggu pertumbuhan, menyebabkan tulang keropos dan rambut rontok.

Protein diperlukan untuk pembentukan dan perbaikan semua jaringan di dalam tubuh termasuk darah, enzim, hormon, kulit, rambut, dan kuku. Protein juga berfungsi dalam pembentukan hormon untuk pertumbuhan dan mengganti jaringan yang rusak, perkembangan seks dan metabolisme.

Disamping itu, protein berguna untuk melindungi supaya keseimbangan asam dan basa di dalam darah dan jaringan terpelihara, selain itu juga mengatur keseimbangan air di dalam tubuh.

Karbohidrat

Fungsi karbohidrat bagi tubuh manusia sangat diperlukan dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Karbohidrat merupakan sumber kekuatan atas tubuh karena zat karbohidrat adalah zat yang dapat meningkatkan atau memberi energi bagi tubuh selain lemak dan protein. Dan senyawa tersebut akan kita dapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat setiap hari

Lemak

 

Fungsi lemak secara umum adalah sebagai sumber energi utama selain protein dan karbohidrat yang dibutuhkan bagi tubuh manusia. Satu gram lemak dapat menghasilkan sekitar 90 kalori. Lemak harus dipenuhi sekitar 20%-30% dari total kebutuhan kalori.

lemak memenuhi fungsi dasar bagi manusia, meliputi:

  • Berguna sebagai alat perlindungan organ tubuh yang vital seperti lambung dan jantung.
  • Sebagai bahan dalam penyusunan vitamin dan hormon.
  • Salah satu sumber energi dalam tubuh manusia.
  • Dapat melindungi tubuh dari perubahan suhu tubuh manusia.

 

jadi jangan anggap sepele lemak tubuh, karena tubuh kita memang membutuhkan banyak lemak. selain itu kita juga harus memperhatikan dalam mengkonsumsi lemak, jangan asal konsumsi, tapi konsumsilah yang mengandung lemak tidak jenuh.

up next images
SELANJUTNYA

TUBERKULOSIS

Tuberkulosis adalah suatu penyakit infeksi kronis yang menyerang paru, penyakit TB ini berupa bakteri Mikobakterium tuberkulosa

LIHAT DETAIL