Fasilitas Rawat Jalan

EEG

Elektroensefalogram (EEG) adalah salah satu tes yang dilakukan untuk mengukur aktivitas kelistrikan dari otak untuk mendeteksi adanya kelainan dari otak.

fasilitas
fasilitas

Elektroensefalogram (EEG) adalah salah satu tes yang dilakukan untuk mengukur aktivitas kelistrikan dari otak untuk mendeteksi adanya kelainan dari otak. Tindakan ini menggunakan sensor khusus yaitu elektroda yang dipasang di kepala dan dihubungkan melalui kabel menuju komputer.

Pasien yang menunjukkan adanya kelainan pada otak diindikasikan untuk melakukan tes EEG untuk diagnosa lebih lanjut. Bagaimanapun, EEG juga dipakai untuk memeriksa hal-hal lain selain keperluan diagnosis. EEG dapat menentukan seberapa besar kemungkinan pasien yang sedang dalam status koma dapat kembali sadar, juga memonitor aktivitas dari jantung di bawah pengaruh anastesi.

Keunggulan melakukan EEG di RS Ananda dengan Alat generasi terbaru yang menggunakan syistem digital sehingga hasil yang didapat lebih akurat, lebih baik & memuaskan.



spesialis
spesialis

Kegunaan EEG

 EEG digunakan terutama untuk meneliti epilepsy dan penyakit Alzheimer, juga mengidentifikasi individu yang harus dirujuk untuk melayani pemeriksaan lebih lanjut jika penyakit otak adalah penyebab dari epilepsinya. EEG biasa digunakan dalam menentukan diagnosis penyakit epilepsi dengan mengidentifikasi setiap keabnormalan pada otak seperti lesi yang memicu serangan epilepsi. Dokter dapat menentukan diagnosis dengan mengamati pola kejang pada EEG. Meskipun EEG digunakan untuk meneliti penyakit epilepsy dan Alzheimer, EEG tidak dapat mendiagnosis penyakit mental Schizofrenia, alasannya EEG dari orang yang terganggu mentalnya biasanya normal.

Indikasi Pemeriksaan EEG

  • Pasien dengan kemungkinan EPILEPSI
  • Pasien Kejang
  • Pasien dengan penurunan Kesadaran/ Koma
  • Mengevaluasi efek Serebral pada penyakit metabolic sistemik
  • Mengevaluasi Tidur (Sleepy Study)
  • Nyeri kepala Menahun
  • Memonitor aktivitas serebral pada pasien dalam narkose umum