BERITA

Penyakit Rubela

Apa itu Virus Rubella?
Berikut penjelasannya :

RUBELLA
Penyakit rubella juga disebabkan oleh virus RNA beruntai tunggal yang berasal dari genus Rubivirus.

promo detail

Apa itu Virus Rubella?
Berikut penjelasannya :

RUBELLA
Penyakit rubella juga disebabkan oleh virus RNA beruntai tunggal yang berasal dari genus Rubivirus.

Virus ini juga hanya menyerang manusia yang kebanyakan berusia 3-10 tahun.
Penyebarannya bisa melalui dua hal, yakni saluran napas dan transmisi vertikal (ditularkan dari ibu kepada janinnya). Saat menginfeksi, virus akan masuk ke sel-sel tubuh dan menetap di sana. Dan suatu waktu, saat tubuh sedang dalam keadaan lemah, akan mungkin terjadi reaktivasi dari virus tadi.

Yang lebih ditakutkan, jika virus itu menyerang anak perempuan, ketika anak itu dewasa, menikah, dan hamil, dan ia tidak sadar memiliki virus rubella, secara otomatis ia akan menulari virus itu kepada si janin dan anaknya lahir dalam kondisi congenital rubella syndrome (sindrom rubella kongenital). Oleh karenanya, pencegahan dengan memberikan vaksin rubella harus dilakukan sejak dini.

Apa penyebab Virus Rubella

Penyebab utamanya campak jerman adalah virus rubella. Biasanya tersebar ketika penderita mengalami bersin dan batuk. Bisa saja melalui kontak secret langsung. Yakni dengan ingus atau lendir penderita.

rubbb

Gejala yang ditimbulkan
Dibandingkan orang dewasa, penderita rubella pada anak-anak cenderung mengalami gejala-gejala yang lebih ringan. Namun ada juga penderita rubella yang tidak mengalami gejala tapi tetap dapat menularkan rubella.

Dari sejak terpapar hingga menimbulkan gejala, penyakit ini membutuhkan waktu sekitar 14-21 hari. Gejala umumnya meliputi:Demam.

– Sakit kepala.

– Hidung tersumbat atau beringus.

– Tidak nafsu makan.

– Iritasi ringan di mata.

– Pembengkakan kelenjar limfa telinga dan leher.

– Ruam berupa bintik kemerahan. Awalnya muncul di wajah lalu menyebar ke badan, tangan, dan kaki. Ruam biasanya berlangsung selama 1-3 hari.

– Nyeri sendi, terutama pada penderita remaja wanita. Masa penularan tertinggi penderita rubella biasanya pada 1-5 hari setelah ruam muncul.

Girl with cold at home

Penyebab virus rubella

  • Virus Rubella

Penyebab utamanya campak jerman adalah virus rubella. Biasanya tersebar ketika penderita mengalami bersin dan batuk. Bisa saja melalui kontak secret langsung. Yakni dengan ingus atau lendir penderita.

  • Melalui ibu hamil ke pada anak

Virus rubella bisa menular dengan penularan secara langsung melalui tubuh. Biasanya terjadi pada ibu yangsedang mengandung janin. Maka otomatis secara tidak langsung si anak akan tertular.

  • Daging setengah matang

Memakan daging setengah matang membawa kemungkinan seseorang dapat tertular. Sebab hewan yang terinfeksi dimasak belum matang. Sehingga virus yang ada pada daging masuk ke dalam tubuh manusia

  • Transplantasi organ

Adanya transplantasi organ dengan seseorang yang terkena virus rubella juga memungkinkan seseorang terkena rubella. Sebab secara tidak langsung darah yang penderita secara tidak langsung masuk ke dalam tubuh kita.

  • Hubungan seksual

Melakukan hubungan seksual dengan seseoarang yang terkena virus campak juga mampu beresiko tertular. Sebab kemungkinan secara tidak langsung lendir penderita masuk ke orang lain yang belum terkena.

Jadi untuk menghindari virus rubella dengan melakukan imunisasi campak dan rubella (MR), diberikan untuk anak usia 9 bulan sampai usia kurang dari 15 tahun, dapatkan imunisasi MR pada bulan september 2017

up next images
SELANJUTNYA

Porsi Yang Tepat Untuk Nutrisi Dalam Tubuh

Agar dapat berfungsi optimal, tubuh memerlukan nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan merupakan pemasok nutrisi bagi tubuh agar selalu sehat dan bgugar. Berdasarkan fungsinya, makanan dapat dikelompokkan menjadi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Terlalu banyak makan dengan nutrisi tidak tepat dapat membuat berat badan berlebihan dan menyebabkan berbagai penyakit. Berapa banyak porsi makanan yang disarankan?

Berikut keterangan berapa porsi yang tepat untuk tubuh beserta fungsi dan makanan-makanan yang disarankan :

LIHAT DETAIL